Senin, 06 Desember 2010

Merica Bandung(???)

Seminggu kedepan anak2 TPB ITB pada nganggur. Materi kuliah udah habis, tinggal nunggu ujian(liburan). Bosen lah kalo di kosan cuma belajar. Mau maen, gak ada uang. Makan aja ngirit, mana bisa belanja2.

Ditengah kegalauan, AHAAAA!!! Tiba2 muncul ide brilian di otak gw. "Gimana kalo masak aja cha,, belajar jadi wanita yg bener, sekalian berhemat". Secara ya, disini tuh nasi seporsi dua ribu rupiah, sayur sesendok (g sesendok juga sih, didramatisir dikit lah) seribu lima ratus rupiah. Bayangkan sodara2..

Beberapa resep andalan mulai gw list. Sayur pakis bersantan (sok banget mw masak yg ribet gitu), kalo gak ada bahannya tumis kangkung aja deh (haha,resep andalan beud), kalau gak ada juga sop aja deh(--" ujung2nya cari yg gampang).
Sebelum belanja, gw sms mama dulu, "ma,bumbu buat sayur pakis apaan aja?".
(beberapa saat kemudian), gak ada balesan, tanya Dewi aja deh (dia yg paling pinter masak diantara temen2 gw). Masih g ada balesan. Aaaargh,kemana sih orang2 ini..

Yaudahlah, akhirnya berangkatlah gw dg memakai jaket olahraga ITB (gak penting juga sih gw pake apa). Berhubung gw dulu males banget kalo disuruh belanja sayuran (kecuali ada upahnya), gw g ngerti harus beli apa aja n beli berapa (takut terlalu banyak atw kurang). Kata2 andalan gw, "bapak, beli cabe rawit, sedikit aja", "bapak, beli ini n itu sedikit aja". Dan berhasil, kayaknya si bapak paham kalo gw gak pernah belanja,(makasi bapak,atas pengertiannya).

Bahan2 udah ditangan, gw cuma beli yg ada aja, bahan yang ada disana cuma "sop". Gapapalah, kurangi makanan berkolesterol (santan), makan yang seger aja..
Masak memasak pun dimulai. Semua sayur bahan sop yang udah sepaket dicuci dulu, terus dipotong kecil2. Bawang2an dikupas dan dicincang2. Semua bahan udah siap??? cek lagi,,. HUUWWAAAAA, gw lupa gak beli merica. Untungnya mbak kos kemaren juga masak sop, mungkin masih punya merica. Berhubung orangnya lagi gak di kosan, gw coba sms.
"mbak,boleh pinjem merica yang di dapur gak?"
"boleeeh"
yeeiii,masalah beres.. Pas gw liat mericanya, kok agak aneh ya..
"emm,mungkin merica bandung emang gini" pikir gw..
singkat cerita,"this is it, sop standard ala chef acha queen".. Masakan gw dah jd. Enak bangeeetzz..(daripada gak ada yg muji,gw puji sendiri aja).

Pas lagi makan, mbak kos pun datang membawa bungkusan yang sama,"bahan-bahan sop"..
Gw selesai makan, mbak kos masih sibuk mw masak. Sekilas gw melihat bungkusan bulet2 putih agak gede, mirip banget ama merica di rumah gw..
siiiiing,,
"mbak,itu apa?"
"merica"
"-------------"
Lha terus yang tadi gw masak apa?? Gw liat lagi, astagaaa itu kan ketumbar. Aaargh gw pikir merica di bandung tuh beda. Harap maklum lah, gw ini chef amatiran. Apalagi semenjak kos jarang megang kompor. Jadi lupa deh bedanya merica ama ketumbar. --a
Tapi over all, masakanku enak dan layak dimakan kok.. haha.. dasar merica bandung.. =D

0 komentar: